17/06/20

Konstruktivisme Sosial dan Filsafat Ilmu; Perdebatan dalam Kajian Ilmu dan Sosiologi

Konstruktivisme Sosial dan Filsafat Ilmu,
karya Andre Kukla.
Judul Buku: Konstruktivisme Sosial dan Filsafat Ilmu
Penulis: Andre Kukla
Penerbit: Jendela
Tahun: Cetakan pertama, Februari 2003
Tebal:  276 hlm.
ISBN: 979-95978-131-4

Para konstruktivis sosial menyatakan bahwa kita menciptakan aspek-aspek dunia, bukan menemukannya. Apakah dunia dikonstruksikan oleh kegiatan kita? Atau dengan cara yang lebih menantang, apakah fakta ilmiah dikonstruksikan? Apakah segala sesuatu dikonstruksikan?

Andre Kukla menyampaikan suatu pembahasan yang lengkap mengenai persoalan-persoalan filosofis yang mencuat dari perdebatan kontroversial ini dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan berbagai pandangan konstruktivis. Ia berpendapat bahwa keberatan filosofis saat ini terhadap konstruktivisme sangatlah tidak meyakinkan, sekalipun menawarkan dan mengembangkan keberatan-keberatan baru.

Kukla, seorang professor di Jurusan Psikologi dan Filsafat, University of Toronto, ini menunjukkan bahwa argumen konstruktivis paling kuat masih memiliki kesulitan konseptual dengan mengilustrasikan pemilahan sosiologi dan filsafat ilmu melalui contoh-contoh yang bervariasi. Dalam buku ini, Kukla membedakan sebab-sebab sosial kepercayaan ilmiah dan pandangan tentang semua fakta yang dapat dipastikan telah dikonstruksi.

Konstruktivisme dan Filsafat Ilmu adalah uraian yang jelas mengenai perdebatan keras yang makin penting dalam kajian ilmu dan sosiologi. Buku ini akan menarik bagi siapa saja yang sedang mencari pengantar yang jernih bagi beragam argumen filosofis di seputar pertanyaan penting dalam ilmu tersebut.

2 komentar:

  1. Buku yang bagus untuk kubaca, kebetualan aku menyukai filosofi.
    Terimakasih rekomendasinya, mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bang, ini buku yang bagus, terutama bagi yang menyukai sosiologi dan filsafat.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...